Latest Entries »

Sabtu, 02 Mei 2020

CATATAN RENUNGAN RAMADHAN KE-7


Bismillahir-Rohmaanir-Rahiim
Catatan Renungan Ramadhan ke-7


RAMADHAN MOMENTUM UNTUK HIDUP BERSAMA AL-QURAN

Sebelum sembahas panjang lebar tentang hidup bersama Al-Quran, mari kita kaji kembali hadits-hadits baginada Nabi Muhammad SAW, yang terkait menjelaskan tentang ketutaman dan keagungan Al-Quran. Agar kita lebih semangat lagi untuk berusaha hidup bersama Al-Quran. Kita sangat beryukur dan beruntung menjadi ummat baginda Nabi Muhammad SAW, karena baginda Nabi sudah membrikan nasehatnya kepada ummatnya, Rasulullah bersabda, Aku telah tinggalkan dua pusaka, yang apabila kalian berpegang teguh pada kedunya, maka kalian tidak akan tersesat selama-lamanya yakni Al-Quran dan Sunnah (Al-Hadits), sehingga kita sampai sekarang menggenal kita suci Al-Quran yang agung ini. 

Rasulullah SAW bersabda:


القرأن أفضلُ مِنْ كًلِّ شَيْءٍ دُوْنَ اللهِ وَفَضْلُ القرأنِ على سَائِرِ الكلامِ كَفَضْلِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ على خَلْقِهِ فَمَنْ وَقَّرَ القرأنَ وَقَّرَ اللهُ وَمَنْ لمْ يُوْقِرِ القرأنَ فَقَدْ إِسْتَحَفَّ بِحَقِّ اللهِ وَحَرْمَةِ القرأنَ عندَ اللهِ كَحَرْمَةِ الوالدِ على وَلَدِهِ .رواه الترمذى و الحكيم

“Al-Quran itu lebih utama dari segala sesuatu selain Allah, keutamaan Al-Quran atas seluruh kalam itu seperti keutamaan Allah atas semua makhluknya, barang siapa yang mengagungkan Al-Quran maka sungguh telah menagungkan Allah, barang siapa yang tidak mengagungkan Al-Quran, maka sungguh memandang rendah kebenaran Allah, penjagaan Al-Quran di sisi Allah itu seperti penjagaan orang tua kepada anaknya. (HR. Imam Turmudzi dan Al-Hakim)

Keterangan hadits baginda Nabi Muhammad SAW, sungguh sangat indah, penuh hikmah dan menyimpan makna yang mendalam. Al-Quran itu sangat istimewa dari segala sesuatu selain Allah, Al-Quran itu adalah  kalam lebih utama dari kalam-kalam lainnya. siapa orang yang mengagungkan Al-Quran berarti ia telah mengagungkan Allah SWT. Dalam rangka mengagungkan Al-Quran, maka hiduplah bersama Al-Quan, bergaullah selalu dengan Al-Quran dan sibukan hidup kita dengan Al-Quran, niscaya kita termasuk orang-orang yang mengagungkan Allah SWT.

Untuk hidup bersama Al-Quran, terdapat ada beberapa kiat dalam bertaddarus Al-Quran yang harus selalu di ingat, agar kita betul-betul hidup bersama Al-Quran. Kiat-kiatnya adalah sebagai berikut;
  • Bacalah Al-Quran setiap hari dan jangan biarkan satu hari berakhir  tampa membaca Al-Quran. Lebih baik membaca Al-Quran secara teratur atau istiqomah, walupun itu bacanya dalam porsi sedikit sebab membaca Al-Quran dalam porsi sedikit tetapi istiqomh maka hal tersebut menjadi amalan yang di cintai Allah SWT, dari pada  membaca dalam jumlah banyak  tetapi hanya sekali-sekali. 
  • Hafalkan Al-Quran sekuat dan sebanyak mungkin yang dapat kita lakukan. Kita dapat memulainya dari surat-surat pendek dan selanjutnya kepada bagian-bagian surat yang lebih panjang.
  • Bacalah Al-Quran dalam shalat sebanyak mungkin sesuai kemampuan kita, khususnya ketika dimalam hari, setelah shalat Isya’ kemudian sebelum fajar dan pada shalat fajar atau shubuh. Hal yang demikian itu merupakan waktu yang efektif untuk hidup bersama Al-Quran untuk menyerap dan meyakininya, karena pada waktu malam dan pagi tersebut adalah waktu yang sangat tepat untuk menghafal Al-Quran serta di dalam kebersamaanya.
  • Bacalah Al-Quran dengan suara yang bagus, seperti kita dianjurkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, “hiasilah Al-Quran dengan suaramu” tetapi ingat bahwa “orang yang suaranya bagus itu merefleksikan ketaatan kepada Allah SWT, yaitu orang-orang yang membaca Al-Quran dengan baik.
  • Jangan membaca Al-Quran dengan tergesa-gesa tampa ada konsentarasi atau pokus pada bacaan Al-Quran serta pemahaman yang baik. Bacalah Al-Quran dengan tenang dan penuh dengan kekuyu’an serta keikhlasan semata-mata mengharap ridho Allah SWT, niscaya kita akan merasakan getaran baca Al-Quran samapi pada hati dan jiwa raga kita.

Demikian sedikit ulasan catatan renungan Ramadhan ke-7. Yang mengkaji Ramadhan adalah momentum untuk hidup bersama Al-Quran. Mudah-mudahan hidup penulis dapat menjadikan bulan Ramadhan sekarang ini, momentum untuk selalu dekat bersama Al-Quran. Begitu juga pembaca yang budiman dan baik hati, moga hidupnya bahagia, damai dan tenang dengan bersama Al-Quran.


Wassalam,
7  Ramadhan 1441 H (30  April 2020)

Ttd
Penulis 
Amingsa
aminazra.blogspot.com
aminbhsarab.blogspot.com
aminamjad9.blogspot.com 

0 komentar:

Posting Komentar