Latest Entries »

Sabtu, 02 Mei 2020

CATATAN RENUNGAN RAMADHAN KE-10


Bismillahir-Rohmaanir-Rahiim
Catatan Renungan Ramadhan ke-10


RAMADHAN MOMENTUM MERAIH SYAFAAT AL-QURAN
BAGIAN 3

Ikhtiar dalam meraih syafaat Al-Quran di bulan suci Ramadhan yang berada dikondisi waspada virus corona atau covid-19. Alangkah baiknya kita pahami, tela’ah dan amalkan kemabali hadits-hadits baginda Nabi Muhammad SAW, yang menjelaskan tentang syafaat-syafaat Al-Quran. Setelah dipahami, ditela’ah dan langsung diamalkan kembali, keyakinan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, meningkat sehinngga layak mendapatkan dan meraih syafaat Al-Quran. Mudah-mudahan juga kita termasuk menjadi orang-orang “Ahli Al-Quran” dan menjadi orang-orang yang cinta dengan sunnah baginda Nabi Muhammad SAW.

Keterangan "Ahli Al-Quran" dalam hadits berikut, Rasulullah shallallahu’alaihi waallam bersabda:

"إن لله أهلين من الناس. قالوا: يا رسول الله، من هم؟ قال: “هم أهل القرآن، أهل الله وخاصَّته" (حسن، رواه إبن ماجه: 215 وأحمد: 1127)

“Sesungguhnya Allah memilki kerabat dari kalangan manusia”, para sahabat bertanya: “Siapakah mereka?”, beliau menjawab: “Ahli Al-Quran, merekalah kerabat Allah dan orang-orang istimewa disisi-Nya” (hasan, HR Ibnu Majah: 215, dan Ahmad: 1127). 

Kemudian dalam hadits baginda Nabi Muhammad yang lain, Rasulullah SAW, menjelaskan orang yang yang hati dan jiwanya terpaut dengan Al-Quran di angkat derjatnya oleh Allah SWT, baik itu derajat didunia maupun derajat diakhirat kelak, bagi mereka orang-orang yang jauh dan merendahkan Al-Quran, maka Allah pun merendahkannya, sebagaimana hadits yang di riwayatkan oleh Imam Muslim.

إن الله يرفع بهذا الكتاب أقواما، ويضع به آخرين . (رواه مسلم: 817)

“Sesungguhnya dengan Kitab inilah (Al-Quran), Allah mengangkat derajat suatu kaum dan merendahkan derajat selain mereka”. (HR Muslim: 817).

Selanjutnya Al-Quran sebagai pengangkat derajat di dalam surga. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

يقالُ لصاحبِ القرآن: اقرَأ وارتَقِ، ورتِّل كما كُنْتَ ترتِّل في الدُنيا، فإن منزِلَكَ عندَ آخرِ آية تقرؤها. (صحيح، رواه أبو داود: 1463 وألترميذى: 3141)

“Dikatakan pada orang yang menjadi penjaga Al-Qur’an: bacalah dengan tartil sebagaimana engkau dulu sewaktu di dunia membacanya dengan tartil, karena sesungguhnya kedudukanmu (tingginya derajatmu disurga) adalah tergantung pada akhir ayat yang engkau baca”. (shahih, HR Abu Daud: 1464 dan Tirmidzi: 3141). 

Dan diantara sekian banyak keutamaan dan keagungan Al-Quran adalah adanya syafaat dari Al-Quran itu sendiri di akhirat kelak, terhadap orang-orang yang senantiasa membaca, menghafalnya, mengkajinya dan mengamalkan kandungannya, sebagaimana dalam hadits berikut ini;

الصيام والقرآن يشفعان للعبد يوم القيامة. (رواه أحمد: 6626 والحكيم: 554)

“Puasa dan Al-Quran akan memberikan syafaat pada seorang hamba dihari kiamat kelak”. (HR Ahmad:6626, dan al-Hakim: 1/554).

Demikian penulis kutip beberapa hadits, tentang keutamaan dan keagungan Al-Quran yang akan memberikan syafaat bagi orang-orang yang kehidupannya terpaut selalu dengan Al-Quran baik itu hati dan jiwa raganya untuk membaca, menghafal, mengkaji dan mengamalkan isi kadungan Al-Quran. Moga banyak manfaatnya buat penulis dan umumnya bagi pembaca yang budiman serta baik hati.

Wassalam,
10 Ramadhan 1441 H (3 Mei 2020)

Ttd
penulis
Amingsa
aminazra.blogspot.com
aminbhsarab.blogspot.com
aminamjad9.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar