Latest Entries »

Sabtu, 02 Mei 2020

CATATAN RENUNGAN RAMADHAN KE-8

Bismillahir-Rohmaanir-Rahiim
Catatan Renungan Ramadhan ke-8


RAMADHAN MOMENTUM MERAIH SYAFAAT AL-QURAN
BAGIAN 1

Catatan renungan ramadhan kali ini adalah jadikan Ramadhan momentum untuk meraih syafaat Al-Quran. Meraih syafaat Al-Quran tersebut tidak akan didapat kalau kita santai dan leha-leha saja. Apalagai Ramadhan yang sekarng, kita telah mengetahui bersama bahwa kita disibukan dengan waspada wabah virus corona atau covid-19, ternyata banyak menguras tenaga dan pikiran serta lahir batin kita. Hal yang demikian itu membuat Powerfull Ramadhan kita melemah dan timbul rasa kemalasan untuk memaksimalkan ibadah terutama baca Al-Quran.

Keterangan Ibnu Rajab Al-Hambali RA, bahwasanya kitab suci Al-Quran akan memberi syafaat kepada orang yang ia tahan dari tidur malamnya. Barang siapa yang membaca kitab suci Al-Quran dan bangun malam untuk shalat lalu membaca Al-Quran, maka ia telah memenuhi hak Al-Quran sehinga kitab suci Al-Quran akan memberikan syafaatnya, terhadap orang yang menkhusukan bangun malam shalat dan kemudian ia membaca Al-Quran.

Ada sebuah hadits yang dibawakan oleh Ibnu Rajab RA, telah bersabda baginda Nabi Rasulullah SAW,… Rasulullah SAW adalah manusia yang paling dermawan, sedangkan pada bulan Ramadhan ketka jibril menemuinya, beliau memjadi lebih dermawn lagi. Adapun selalu menemui beliau setiap malam pada bulan Ramadhan untuk mengaajarinya Al-Quran. Adalah Rasulullah lebih dermawan dari angin yang berhembus. (HR. Mutafaq ‘alaih)

Pada hadits tersebut menjelaskan bahwa pembelajaran Al-Quran antra Malaikat Jibril dan Nabi Muhammad SAW, terjadi pada malam hari, hal tersebut memjadi dalil disunnahkannya memperbanyak Al-Quran pada saat malam hari.  Karena pada malam hari segala kesibukan sudah berkurang atau mereda dan keinginan hati lebih terarah, sedangkan hati dan lisan lazimnya juga lebih pokus untuk membaca dan merenungkan Al-Quran.

Mari kita renungkan firman Allah SWT, di dalam Al-Quran surat Al-Muzammil ayat 6 dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW, yang berkenaan dengan keutamaan-keutamaan Al-Quran untuk meraih Syafaat Al-Quran baik itu di dunia dan Akhirat kelak.

إِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلاً {6}

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (S, Al-Muzammil : 6)

Baginda Rasulullah SAW, bersabda :

 مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ أيَةٍ فِي ليلَةِ كُتِبَ لَهُ قُنُوْتُ لَيْلَةً.

Artinya : “ Barang siapa yang membaca seratus ayat Al-Quran dalam satu malam maka akan dicatat untuknya mendirikan shalat malam semalam penuh. (HR. Ahmad)

Di riwayatkan oleh Imam Muslim dari Umamah RA, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW, bersabda;

 إقْرَؤُا الْقُرْأنَ فَاِنَّهُ يَأْتى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابَهِ. 

Artinya: “Bacalah Al-Quran sesungguhnya ia (Al-Quran) akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat kepada pembacanya. (HR. Imam Muslim)

Pada surat Al-Muzammil ayat 6, Allah SWT, menjelaskan bahwa waktu malam hari adalah waktu yang sangat tepat untuk membaca Al-Quran dengan khusu’ baik lahir maupun batin dan akan berkesan di dalam hati. Sedangkan hadits baginda Nabi Muhammad SAW, menerangkan dengan jelas, yaitu terhadap oarang yang istiqomah selalu membaca Al-Quran setiap malam, maka nilai pahalanya sebanding dengan Qiamulail semalam penuh, subhanallah sugguh mengagumkan amaliyah tersebut.

Keterangan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Umamah RA, baginda Rasulullah SAW, memerintahkan kepada umatnya. Yaitu kepada orang-orang yang beriman agar selalu banyak membaca Al-Quran wabil khusus pada setiap malam hari. Niscaya akan dapat meraih syafaat Al-Quran, terlebih bulan suci Ramadhan sekarang yang sedang mengahadapi wabah virus corona atau covid-19 di butuhkan nyali yang kuat dan keberanian lahir batin, untuk selalu memperbanyak membaca Al-Quran, terutama pada malam hari. Mudah-mudahan bulan Ramadhan, kita mampu meraih Syafaat Al-Quran. Aamiin...!!!

Demikian sedikit perenungan tentang, Ramadhan adalah momentum untuk meraih Syafaat Al-Quran. Moga tulisan ini, bermanfaat bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca yang baik hati...


Wassalam,
8  Ramadhan 1441 H (1 Mei 2020)

Ttd 
penulis
Amingsa
aminazra.blogspot.com
aminbhsarab.blogspot.com
aminamjad9.blogspot.com







0 komentar:

Posting Komentar