Latest Entries »

Minggu, 10 Mei 2020

CATATAN RENUNGAN RAMADHAN KE-17


Bismillahir-Rohmaanir-Rahiim
Catatan Renungan Ramadhan ke-17



RENUNGAN TENTANG “ NUZULUL QURAN ”
(Kajian dan Renungan ayat-ayat Al-Quran)

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya ayat-ayat Al-Quran yang terjadi di bulan suci Ramadhan. Kebanyakan masyarakat Indonesia kususnya memperingati sebagai “ Nuzulul Quran ” turunnya ayat-ayat Al-Quran yaitu setiap malam 17 Ramadhan. Hal ini sudah menjadi tradisi sebagian masyarakat Indonesia, selalu pemperingati turunnya ayat-ayat Al-Quran yang lebih dikenal dengan sebutan kalimat “ Nuzul Quran ”.

Di lihat dari aspek sejarah agama Islam, bahwasanya pada tanggal 17 Ramadhan telah terjadi peristiwa-peristiwa besar yang tercatat dalam sejarah Islam. Pada tanggal 17 Ramadhan adalah ada peristiwa besar terjadi sehingga ada ayat-ayat Al-Quran yang di turukan oleh Allah SWT. Hal tersebut tercatat dalam Al-Quran dan di abadikan oleh Allah SWT, di dalam firman-firmannya. Ada beberapa dalil-dalil yang di turukan pada perstiwa “Nuzulul Quran“ pada bulan Ramadhan sebagai berikut. Yaitu surat Ad-Dukhan ayat 3;

إِنَّآ أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ {3}

sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkah dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. (Surat Ad-Dukhan: 3)

Hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari surat Ad-Dukhan ayat 3 tersebut. Bahwasanya sungguh Allah SWT, yang telah menurunkan ayat Al-Quran pada malam bulan Ramadahan. Pada malam-malam Ramadhan yang diturunkan Al-Quran, maka malam tersebut di berkahi oleh Allah SWT. Karena malam-malam Ramadhan telah dan sudah di berkahi Allah, sangat di anjurkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW, bagi orang-orang beriman untuk meperbanyak baca doa pada malam tersebut yaitu malam “Nuzulul Quran”.

Surat Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT, berfirman dan menjelaskan bahwa permulaan Al-Quran diturukan adalah pada bulan Ramadhan yang di berkahi. Bahkan di turukannya Al-Quran oleh Allah SWT, mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut, yang dijelaskan oleh Allah pada surat Al-Baqarah ayat 185. Fungsi pertama Al-Quran yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 185, adalah sebagai petujuk bagi semua manusia dan penjelas bagi petujuk itu sendiri. Fungsi Al-Quran selanjutnya yang terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 185 adalah Al-Quran sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil. Keterangan fungsi-fungsi tersebut, bisa di baca dan pahami pada surat Al-Baqarah ayat 185 di bawah ini;

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ {185}

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Surat Al-Baqarah: 185)

Selanjutnya keterangan Al-Quran pada surat Al-Anfal ayat 41. Pada Asbabul Nuzulil Quran bahwasanya  surat Al-Anfal ayat 41 di turunkan bertepan dengan peristiwa besar yakni terjadinya  perang badar, yaitu tanggal 17 Ramadhan. Peristiwa perang badar tercatat dalam sejarah Islam adalah perang yang dahsyat. Oleh sebab itu di abadikan dalam Al-Quran oleh Allah SWT. Surat Al-Quran pada ayat 41 tersebut menjelaskan bahwa Al-Quran di turukan kepada hambanya baginda Nabi Muhammad SAW, yaitu pada hari furqon bertemunya dua pasukan. Pertama pasukan orang-orang yang beriaman dan yang kedua pasukan orang-orang yang kafir, terjadilah perang badar ataupun perang besar dan di menangkan dengan gemilang oleh pasukan orang-orang beriman.

Di bawah ini ayat Al-Quran surat Al-Anfal: 41, yang di turunkan oleh Allah SWT , pada peristiwa perang badar.

وَمَآأَنزَلْنَا عَلَى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ وَاللهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ {41}

kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan (perang badar). Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Surat Al-Anfal: 41)

Demikianlah ayat-ayat Al-Quran yang di turunkan pada bulan suci Ramadhan. Di masyarakat Indonesia sudah menjadi tradisi yang menasional bahwa tanggal 17 Ramadhan di peringati sebagai “Nuzulul Quran”. Wallahu A’lam Bis-Showab.


Wassalam,
17  Ramadhan 1441 H (10 Mei 2020 M)

Ttd
penulis
Amingsa
aminazra.blogspot.com
aminbhsarab.blogspot.com
aminamjad9.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar