Latest Entries »

Selasa, 12 Mei 2020

CATATAN RENUNGAN RAMADHAN KE-19


Bismillahir-Rohmaanir-Rahiim
Catatan Renungan Ramadhan ke-19

  
 MEMANTAPKAN TAQWA KEPADA ALLAH SWT
Untuk mengapai “Lailatul Qadar”
( Kajian ayat Al-Quran)

Tak terasa sekarang puasa Ramadhan sudah yang ke-19 besok lusa sudah puasa Ramdhan yang ke-20. Penulis sedikit merenung tentang puasa level 2 atau 10 Ramadhan yang ke-2 tersebut. Sebentar lagi akan menapaki puasa level 3 yaitu 10 terakhir Ramadhan tahun 1441 H. Seperti kita maklumi bersama, bahwasanya baginda Nabi Muhammad SAW, sangat mengajurkan pada ummatnya untuk berusaha mencari dan sekaligus mendapatkan “Lailatul Qadar”. Sinyal anjuran baginda Nabi Mahummad SAW ini, terdapat pada hadits-hadits Nabi yang mengajurkan untuk mengapai “Laitul Qadar” dan tanggal malam-malamnya pun sudah di informasikan oleh baginda Nabi Muhmmad SAW.

Dalam rangka usaha mencari “laiiatul Qadar”, maka dibutukan semangat dan tekad yang kuat, baik secara lahiriyah dan batiniyah. Peningkatan kulitas ibadah merupakan suatu keharusan, karena sekarang kita sudah berada penghujung level 2 (10 Ramadhan ke-2) dan tinggal satu langkah lagi masuk  pada level 3 (10 Ramadhan ke-3). Mari kita bermuhasabah kembali tentang ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Apakah ketaqwaan kita melemah, biasa aja atau hari demi hari tamabah semangat ibadahnya.

Penulis meyakini dengan seyakin-yakinnya, untuk mengapai dan menadapatkan “Lailatul Qadar”. Jawabannya adalah kita kuatkan dan tingkatkan kulitas ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebab gemblengan atau didikan puasa Ramadhan adalah agar kita menjadi orang-orang lebih bertaqwa kepada-Nya serta mendapatkan derajat taqwa di sisi Allah SWT. Ketika ketaqwan kita sudah istiqamah, bersemangat ibadahnya dan meningkat kualitas taqwaanya kepada-Nya, Niscaya akan merasakan dan mendapatkan “Lailatul Qadar” (malam kemuliaan Allah SWT).

Mari kita baca, pahami dan renungi bersama, Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183;

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ {183}

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu dapat derajat bertakwa. (Surat Al-Baqarah: 183)

Allah SWT, memanggil orang-orang yang beriman dengan pangilan kesayangan yaitu dengan yaa harfu nida. Yaa harfun nida dalam konteks ini adalah penggilan kesayanyan Allah terhadap makhluk-makhluknya. Pada surat Al-Baqarah ayat 183, Allah SWT, mengkhususkan bahwasanya yang di panggil hanya orang-orang beriman. Karena sungguh Allah SWT Maha Mengetahui, yang dipanggil ialah orang-orang beriman. Hanya orang-orang berimanlah yang mampu mengerjakan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh.

Pada akhir ayat surat Al-Baqarah ayat 183, Allah SWT, memberikan hadiah bagi orang-orang yang beriman yang mereka menjalankan ibadah puasanya ikhlas kerana Allah semata-mata dan punya motivasi kuat dalam menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun 1441 H, akan mendapatkan derajat taqwa di sisi Allah SWT. Mudah-mudahan dengan semangat motivasi ibadah yang maksimal dan meningkatnya kualitas taqwa, kita bisa merasakan dan mendapatkan malam kemuliaan Allah SWT (lalatul Qadar) di 10 terakhir Ramadhan ini.


Wassalam,
19  Ramadhan 1441 H (12 Mei 2020 M)

Ttd
penulis
Amingsa
aminazra.blogspot.com
aminbhsarab.blogspot.com
aminamjad9.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar