Latest Entries »

Kamis, 07 Maret 2013

HIKMAH PENCIPTAAN BINATANG UNTA

Hikmah Penciptaan Binatang Unta



Perhatikan tentang ciptaan Allah SWT, yang berupa Binatang Unta yang hidup di padang pasir tidak berair dan tidak ada makanan.

Dan renungkan pula bagaimana caranya Unta itu menyiapkan makanan dan minuman di dalam punuknya. Apakah hal ini tidak dapat dijadikan sebagai bukti tanda adanya kekuasaan Tuhan (Allah SWT)...? Dan apakah hal ini tidak mungkin dijadikan tamsil (sebagai contoh) seluruh bintang tunduk dan patuh berkhidmat kepada manusia untuk dimakan.

Apakah tidak kita perhatikan pada bulu panjang di sekeliling Unta tersebut, yang bentuknya menyeurpai jaring untuk memelihara matanya dari butir-butir pasir yang diterbangakan oleh angin dalam perjalanannya di padang pasir. Binatang Unta itu dapat melihat jauh di padang pasir adalah berkat jaringan bulu matanya tersebut. Oleh sebab itu tidak ada kesulitan bagi Unta tersebut untuk matanya dari debu tanah dan pasir.

Kemudian perhatiakan pula Hidung Unta yang disediakan untuk menolong kehidupan di padang pasir. Hidungnya inilah yang menentukan kehidupan Unta, ketika terjadi angin ribut, agar tidak masuk pasir kedalamnya.

Selanjutnya, dan apakah kita tidak perhatiakan pada Bibir Unta yang bagian atasnya itu? Apakah kita tahu mengapa Allah SWT, menciptakan bibir Unta itu belah? Menurut ilmu pengetahuan yang demekian itu untuk menolong Unta ketika makan tumbuh-tumbuhan gurun sahara yang biasanya berduri.
Waallahu a'lam Bishawab

Dinukil dari kitab al-Hikmah wal Fikrah
(Imam Al-Ghazali)

Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar