Latest Entries »

Kamis, 07 Maret 2013

HIKMAH PENCIPTAAN AMUBA

Hikmah Penciptaan Amuba


Selanjutnya kita perhatikan mengapa Allah SWT, menciptakan Bintang Amuba...? Hikmah apa yang terkandung di dalam penciptaan bintang tersebut.

Amuba adalah binatang kecil-kecil yang hidupnya di dalam kolam, dalam lumpur atau di atas batu sungai. Amuba ini tidak dapat dilihat dengan mata biasa atau mata telanjang tampa ada kaca pembesar. Tubuhnya merupakan sepotong daging yang dapat berubah-ubah keadaan dan kepentingannya. Ketika bergerak Amuba tersebut dapat melepaskan bagian-bagian tubuhnya, berfungsi hanya sebagi alat belaka. Diantara alat-alat itu berfungsi sebagai kaki, berpergian kesana kesini, tempat-tempat yang diingininya. Oleh karena itu alat ini dinamakan dengan kaki palsu.

Bilamana Amuba ini memperoleh sesuatu yang menjadi mangsanya tersebut dipegangnya dengan kaki palsu. Disamping itu Amuba ini mempunyai alat pencernanan tersendiri. Sementara kaki palsunya itu, memegang mangsanya, maka kaki-kaki palsu tersebut tidak tampak dilihat tampa alat pembesar.

Cara pernafasan bagi Amuba ialah melalui pori-pori tubuhnya mengambil oksigen dari air. Amuba ini hidup, bergerak, bernafas dan juga mencerna makanan. Disamping itu juga mengeluarkan kotoran. Apabila telah sempurana pertumbuhannya maka Amuba ini membelah diri dan tiap-tiap bagianya itu menjadi Amuba Baru.

Waallahu A'lam Bishawab,

Dinukil dari kitab al-Hikmah wal Fikrah
(Imam Al-Ghazali)

Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar