Latest Entries »

Rabu, 06 Maret 2013

HIKMAH PENCIPTAAN BATU KARANG

Hikmah Penciptaan Batu Karang


Selanjutnya renungkanlah makhluk Allah SWT, yang berupa Batu karang yang hidupnya pada laut yang dalam, yang kedalamannya dari tiga samapai lima meter di bawah permukaan laut. Batu karang ini bertempat di atas batu-batu dan rumput-rumputan di dasar laut. Mulutnya terbuka leber terletak di bagian atas dari tubauhnya tersebut, di dinding dengan alat-alat khusus yang dapat digunakan dalam menangkap mangsanaya.

Apabila alat-alat perlengapan tubuh Batu karang ini menyentuh mangsanya. Kebanyakan dianatarnya adalah binatang-binatang kecil seperti kutu-kutu air, ketika itu juga disergapnya dengan cepat lantas melekat, lalu alat-alat ini mengerut dan di bawa kedalam jaringan krongkongnya seperti jaringan rambut manusia.

Binatang ini berkembang biak dengan jalan mengeluarkan sel-sel benih keturunan. Benih ini kemudian menjadi sel-sel telur ini menjadi janin yang melekat di batu-batu atau rumput-rumput dalam laut. Kehidupan Batu karang ini merupakan kehidupan sendiri. Pada waktu itu keadaan batu karang ini persis seperti keadaan hewan yang asli.

Salah satu bukti kekusana Tuhan (Allah SWT) yang menciptakan segala yang wujud ini, ada lagi cara lain bagi Batu karang ini dalam berkembag biak, yaitu dengan jalan menaburkan serbuk. Lembaga yang menjadi benih ini dihasilkan serbuk itu sendiri. Beginilah caranya terjadi pohon Batu karang yang tingginya samapai mendekati permukaan laut. Dari serbuk inilah tumbuh cabang-cabang yang panjang sampai 30 cm berbentuk lobak (kol) hidup dan mempunyai warna bermacam-macam. Di antarnya ada yang merah tua, merah jambu, kuning, jingga dan adapula yang biru.

Batu karang ini sebenarnya adalah sumbu keras yang masih tinggal setelah bagian-bagian lain lenyap. Maka terbentuklah kerangka batu yang luar bisa besarnya. Ada di antara orang-orang menyangka kerangka batu yang luar biasa bersarnya ini adalah gunung merapi yang telah tertutup di bawah air.

Bukti Batu karang besar ini kebanyakan terdapat pada lautan Hindia, dan lautan Teduh. Setelah ia tinggi dari permukan air laut melebar sehingga luar biasa luasya, dan kadang-kadang ia tetap di bawah air. Karena itu maka hal ini berbahya dan mengacam jiwa para nelayan. Dari tumpukan karang inilah timbulnya bukti barisan karang yang terkenal dengan nama Pantai Melandai karang bersar terdapat di laut tenggara Australia yang panjangnya 1350 mil dan lebarnya 50 mil, terdiri dari molekul-molekul yang hidup.
 
Waallahu A'lam Bishawab,


Dinukil dari kitab al-Hikmah wal Fikrah
(Imam Al-Ghazali)

Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar