Latest Entries »

Rabu, 29 April 2020

CATATAN RENUNGAN RAMADHAN KE-5


Bismillahir-Rohmaanir-Rahiim
Catatan Renungan Ramadhan ke-5


RAMADHAN MOMENTUM UNTUK LEBIH DEKAT DENGAN AL-QURAN
                                                      BAGIAN 2

“AL-QURAN ITU ADALAH KITAB PENUH BERKAH. MAKA BERGAULAH TERUS DENGAN AL-QURAN.”

“ ORANG YANG BERKHIDMAH UNTUK AL-QURAN DI DUNIA, DIA AKAN DILAYANI OLEH AL-QURAN DI AKHIRAT. MAKA JADILAH PELAYAN AL-QURAN.”

JADIKANLAH AL-QURAN SEBAGAI TEMAN SETIAMU DALAM SITUASAI APAPUN. AL-QURAN MENJADI TEMAN SETIAMU DI HARI AKHIR KELAK.”

( Di nukil dari kitab Motivasi Pencinta Al-Quran)
(Prof. Dr. K.H. Ahsin Sakho Muhammad)

Sunngguh indah sekali renungan kalam langit, dari karya penuh hikmah yang tertulis di dalam “ Kitab Motivasi Pecinta Al-Quran, beliau adalah satu-satunya cendikiawan Ahli Qira’atu As-Sab’ah dari Indonesia yaitu, Prof. Dr. K.H. Ahsin Sakho Muhammad. Belau juga pakar ilmu-ilmu Al-Quran dan sudah banyak karya-karyanya, yang diterbitkan tersebar di seluruh Indonesia, baik tingkat nasional maupun Internasional.

Berbicara tentang Al-Quran dari berbagai sudut pandang dan dari berbagai disiplin ilmu, Al-Quran adalah bagaikan samudra ilmu pengetahun saintis, ilmiyah, realitas dan spritualitas yang merupakan Kitab yang paripurna. Maka akan sangat bijak kalau Al-Quran tersebut, di jadikan pedoman, tuntuan kehidupan manusia untuk bahagia di dunia serta bahagia sampai akhirat. Bagi orang-orang yang betul-betul mengimani Al-Quran mereka memiliki keyakinan di rata rata-rata dan sangat meyakini bahwa Al-Quran adalah sumber kehidupan di alam nyata dan alam ghoib.

Bulan Ramadhan yang sekarang ini adalah membaca kitab suci Al-Quran menjadi sebuah solusi yang tak terbantahkan, terlepas dari berbagai masalah dan musibah yang terjadi, untuk itu kita tidak boleh surut semangat, motivasi senantiasa lebih dekat dengan Al-Quran dan lebih mencintai Al-Quran. Moga dengan kita lebih dekat sekaligus mencintai Al-Quaran, Allah SWT, akan angkat, hilangkan musibah yang terjadi. Serta kita semua dihindarakan dari wabah virus corona / covid-19, di Indonesia orang yang sudah meninggal kena wabah (penyakit) covid-19 kurang lebih 460-500 jiwa. Peringat Indonesa orang yang meninggal karena wabah virus corona adalah perinkat ke-17 di dunia, sumber data dari WHO, 15/04/2020.

Mari kita renungkan kembali Hadits baginda Nabi Muhammad SAW, yang sangat popular bagi para kalangan Pecinta Al-Quran yang di riwayatkan oleh Imam  Bukhori.

" خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْكُرْأن وَ عَلَّمَهُ "

 “ Sebaik baik kalian (hai manusia) adalah orang yang belajar (mengkaji) Al-Quran dan mengajarkan Al-Quran.”
(HR. Buhkori)

Tidak ada lagi, bagi kita alasan untuk jauh dengan Al-Quran dan malas-malasan membaca Al-Quran.
Bangkitkanlah kesadaran kita, bahwa untuk lebih dekat dengan Al-Quran dan mencintai Al-Quran dengan hati yang ikhlas dan tulus adalah merupakan kebutuhan lahir serta batin kita. Baginda Nabi Muhammad SAW, sudah dengan gamblang menginformasikan bahwa sebaik-baik kita adalah orang yang membaca, belajar dan mengkaji Al-Quran dan mengajarkannya.

Cukup demikian kajian dan renungan Ramadhan yang ke-5 tentang Ramadhan momentum lebih dekat dengan Al-Quran, moga tulisan yang sangat sederhana ini, ada manfaatnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca yang budiam serta yang baik hati....


Wassalam,
5  Ramadhan 1441 H (28  April 2020)

Ttd
Penulis
Amingsa
aminazra.blogspot.com
aminbhsarab.blogspot.com
aminamjad9.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar