Latest Entries »

Rabu, 10 April 2013

Motivasi Hadits dan al-Quran untuk Sedekah

Spirit Hadits dan Al-Quran untuk menghalau
kesusahan, kesempitan dan utang piutang



Spirit ataupun motivasi Hadits dan Ayat al-Quran adalah untuk semua manusia yang meyakini akan kebenaran Hadits Rasulullah dan Ayat al-Quran, ini merupakan sebagai modal dasar manusia untuk mengatasi permasalahan-permasalahan hidup di dunia seperti; kesusahan, kesempitan dan utang piutang.

Bagi manusia yang beriman wajib meyakini kebenaran Hadits dan Ayat al-Quran, karena Hadits dan Ayat al-Quran inilah pedoman atau tuntunan yang menjelaskan, menegaskan dan memerintahkan, untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan hidup di dunia ini. Permasalahan hidup tersebut bisa diatasi dengan mematuhi perintah-perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW dengan penuh keyakinan yang kuat serta menghujam dalam hati.

Berikut ini beberapa dalil Hadits dan Ayat al-Quran yang menjelaskan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW dalam rangka untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di dunia ini. Pasti semua manusia yang hidup di dunia ini, pernah merasakan yang namanya, kesusahan, kesempitan dan utang piutang. Oleh sebab itu, sebagai manusia yang mau mewujudkan rasa syukurnya, wajib baginya untuk memahami dan sungguh-sungguh mengamalkan kembali ayat-ayat al-Quran dan Hadits-hadits Rasulullah SAW agar permasalahan-permasalahan tersebut bisa teratasi dengan baik, tentunya dengan mengharap kemurahan dan keridhan Allah SWT.


بسم الله الرحمن الرحيم

بَدِرُ بِصَدَقَةٍ، فَإِنَّهُ بَلى لَا يَتَخَطَّهُ (الحديث)

Bersegeralah bersedekah karena bala (kesulitan,kesusahan atau permasalahan) tidak pernah bisa mendahului sedekah”.


وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَاكَانِ عَبْدُ فِي عَوْنِ أخِيْهِ (الحديث)

Allah berkenan membantu hambanya, selama hambanya berkenan membantu sodaranya”.


وَمَنْ قُدِرُعَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِــقُ مِمَّـا أيتَــهُ اللهُ (الطلاق:7 )

Maknanya: Barang siapa yang disempitkan rizkinya, maka hendaklah ia banyak-banyak menginfakan hartanya yang diberikan Allah. (At-Thalaq:7)


لَنْ تَنَالُوا الْبِـــرَّ حتَّـــى تُنْفِــقُ مِمَّــا تُحِبُّـــوْنَ (ال عمران:92)

Artinya: Kalian tidak akan mencapai kebaikan, sampai kalian bisa mengorbankan apa yang kalian cintai. (Ali Imran:92)

 

Fadilah sedekah itu ada empat: mengudang datangnya rizki, menghalau kesulitan, menyembuhkan penyakit dan memperpanjang umur.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagaimana mengahadapi permasalahan hidup ini, yakni untuk mengatasi kesusahan, kesempitan dan utang piutang. Tentunya kita kembali kepada tuntunan hidup yaitu al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW, agar kita dapat dimudahkan segala urusan kita di dunia ini dan mendapatkan keberkahan serta ridha dari Allah SWT.

Wa Allahu a'lam bisshawab,

Wassalam,

1 komentar:

ESQ Corner mengatakan...

sudah menjadi keharusan bahawa ummat manusia menjadikan al-Quran dan sunnah sebagai motivasi kehidupan...

Posting Komentar