Latest Entries »

Jumat, 13 April 2012

MISTERI TENGAH MALAM

Mengistikomahkan Sholat Malam

Mengkaji kembali surat al-isro: 79 dan al-mujamil: 6-7,
"Dan pada sebagian malam, bersembahyanglah (sholat) tahajudlah kamu sebagai sutau ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat terpuji". (al-isro:79)
 "Sesungguhnya bangun diwaktu malam adalah lebih tepat (untuk khusu') dan bacaan disaat itu lebih terkesan. Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunya urusan yang panjang (banyak)", (al-mujamil: 6-7).

Dalam sebuah hadits Qudsi Allah SWT, berfirman :
"Rahmat Allah turun kebumi pada sepertiga malam terakhir. Orang-orang yang tertidur nyenyak tidak beribadah kepada Ku, maka pengakuan cintanya kepada Ku, hanya omong kosong belaka. Bukankah setiap orang yang saling bercinta kasih, selalu cari waktu sunyi untuk berbisik dengan kekasihnya..? Aku (Allah) sangat senang melihat kekasihku yang membayangkan kehadiran Ku dihadapanya, bicara dari hati ke hati dengan Ku. Orang-orang seperti itu akan Aku tempatkan di dalam Surga.

Ada bebrapa ungkapan orang-orang bijak, mereka membagi waktu malamnya menjadi tiga bagian ;
1. Sepertiga malam untuk keluarga yakni dari jam 18.00-21.00.
2. Sepertiga malam untuk istirahat (tidur) dari jam 22.00-01.00
3. Sepertiga malam diperuntukan untuk Allah SWT, sholat malam dari jam 02.00-05.00.

Keterangan hadits yang lainnya menjelaskan; " Hendaklah kamu menegakan sholat malam, sesungguhnya sholat malam itu merupakan kebisaan dari orang-orang sholeh sebelum kalian, (HR. Abi Umamah). 


Apa yang paling perlu dan penting dalam hidup kita ini...? tentu saja jawabannya adalah Allh SWT, titik dunia dan seisinya tak bakal ada tampa kendak-Nya. Waktu siang dan malam ini diciptakan Allah SWT. Diri kita diciptakan Allah, Dialah Yang Maha Penting. Menyediakan waktu untuk berdialog dengan-Nya, juga sangat penting dan sholat malam menjadi sangat penting.


Cinta itu ditandai dengan rasa rindu. Jika kita sudah rindu untuk bertemu dengan Allah SWT, silakan hubungi Allah setiap malam. Jika tidak Allah juga tidak membutuhkan kita, yang jelas kalau kita rindu kapada-Nya, Allah pasti akan balas rindu kita. Jika kita membencinya Allah SWT, akan membuat perhitungan nantinya.


Wasslam; 
Amin_azra Syah Crb 2012



2 komentar:

ESQ Corner mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ESQ Corner mengatakan...

al-hamdulillah dapat pencerahan kembali, tentang rahasia-rahasia tengah malam, yg beitu misterius dalam mengistiqomahkan sholat malam...!

Posting Komentar