Latest Entries »

Kamis, 19 April 2012

ILMU MENGHIDUPKAN MANUSIA


ILMU MENGHIDUPKAN MANUSIA

PENTINGNYA ILMU

Ilmu merupakan modal utama dalam mengarungi kehidupan ini, kehidupan yang penuh dengan persaingan, tantangan dan permasalahan kompleks. Untuk mengatasi semua itu, pasti kita membutuhkan pemecahan masalah, sudah barang tentu menyelesaikannya dengan menggunakan ilmu. Yakni ilmu yang sesuai dengan kadar permasalahan-permasalahan yang kita hadapi di dunia ini.


Ilmu dalam pandangan barat ada beberapa aspek ;
  1. Aspek wahyu (kalam ilahi)
  2. Aspek humaniora (manusia), sikologi dan akhlaq
  3. Aspek material, fisikal, kimia, biologi dan astronomi.
Banyak ayat-ayat al-Quran yang mengulas dan menjelaskan tentang ilmu, di antaranya :
Surat Al-Mujadalah ayat 11;
(يَرْفَعِ اللهُ الذِّيْنَ أمَنوُا مِنْكُمُ وَالذَّيْنَ أُوتُواالْعِلْمَ دَرَجَاتٍ (المجادلة : 11
Allah SWT, akan mengangkat orang-orang yang beriman di anatara kamu dan oarang-orang yang berilmu beberapa derajat.
Surat Az-Zumar ayat 9;
(هَلْ يَسْتَوِى الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُواالْاَلْبَابُ ( الزمر : 9

Apakah sama orang-orang yang berilmu dengan orang -orang tidak berilmu...? sesungguhnya orang-orang berakallah yang dapat menerima ilmu.
Surat Al-Haj ayat 54;
وَلِيَعْلَمَ الَّذِيْنَ أُوتُوا الْعِلْمَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّكَ فَيُؤْمِنُوابِهِ فَتُخْبِتَ لَهُ قُلُوْبُهُمْ وَإِنَّ اللهَ لَهَادِ الَّذِيْنَ أمَنُوْا اِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ (الحج :54)
Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al-Quran itulah yang benar (hak) dari Tuhanmu, lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepada-Nya dan sesungguhnya Allah SWT, adalah pemberi petujuk bagi orang-orang yakin (beriman) kepada jalan yang lurus.
Surat Saba' ayat 6;
(وَيَرَى الَّذِيْنَ أُوتُوا الْعِلْمَ الَّذِي أُنْزِلَ إِلَيْكَ مَنْ رَّبِّكَ هُوَ الْحَقُّ وَيَهْدِي اِلَى صِرَاطِ الْعَزِيْزِ الْحَمِيْدِ (سباء : 6
Dan orang-orang diberi ilmu berpendapat bahwa wahyu yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itulah yang benar (hak) dan menujuki manusia kepada jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.
Surat Al-fatir ayat 29;
(إِنَّمَا يَخْشَى اللهُ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءِ إِنَّ اللهَ عَزِيْزٌ غَفُوْرٌ (فاطر : 28
Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambanya, hanyalah para Ulama, sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.


Penjelasan tentang ilmu dalam surat Al-Fatir pada ayat yang lainnya, yakni pada ayat 19-22; Allah SWT, mengambarkan tentang ilmu, kebodohan itu adalah sejajar dengan buta, dan ilmu sejajar dengan melihat, sehingga kebodohan itu adalah dikatakan juga kematian. Dan ilmu itu adalah kehidupan. Ibnu Qoyum Al-Jauziah salah satu Ulama klasik menjelaskan tentang pengaruh ilmu. Pertama ilmu itu dapat memberi petunjuk kepada Iman, yang kedua ilmu itu menujukan kepada pemiliknya untuk melaukan amal-amal yang utama disisi Allah SWT.

 Agar kita menuntut ilmu (belajarnya) mendapatkan berkah dan ridho dari Allah SWT, alangkah indahnya kalau kita terapkan etika ataupun adab-adab menuntut ilmu. Di bawah ini beberapa adab menuntut ilmu (belajar).

Adab-adab mencari ilmu dan belajar
  1.  Mesti semangat dalam mencari ilmu walaupun harus menghadapi kesulitan dan tantangan yang berat.
  2.  Bersikap baik kepada Mu'alim (guru), memuliakan dan menghormatinya.
  3.  Sabar dan santun kepada Mu'alim (guru).
  4.  Tidak pernah puas dalam mencari ilmu.
  5.  Diniatkan karena Allah, artinya menuntut ilmu harus dianggap sebagai ibadah dan jihad fi sabilillah.

Inilah sekelumit pembahasan tentang pentingnya ilmu yang disertakan dengan beberapa dalil dari ayat-ayat al-Quran dan ditambahkan dengan adab-adab mencari ilmu. Agar tumbuh semangat (motivasi) untuk lebih mendalami kembali tentang kajian-kajian ilmu, oleh sebab itu ilmu sangatlah penting didalam mengisi perjalan kehidupan kita ini. Perjalan hidup yang penuh dengan persaingan, tantangan dan permasalahan kompleks ini, akan menjadi lebih mudah hadapinya, kalau kita sudah punya ilmunya.



Wassalam,
amin_azra 2012 crb


0 komentar:

Posting Komentar