Latest Entries »

Rabu, 17 Juli 2013

MOTIVASI AL-QURAN TENTANG MALAM KEMULIAAN



MOTIVASI AL-QURAN TENTANG MALAM KEMULIAAN
(Lailatul Qadar)


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَالْكِتَابِ الْمُبِينِ {2} إِنَّآ أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ {3} فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ {4} أَمْرًا مِّنْ عِندِنَآ إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ {5} رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ {6}

(2). Demi Kitab (Al Quran) yang menjelaskan, (3). sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan, (4). Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (5). (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul, (6). sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Surat Al-Adukhan: 2-6)

Ada bebarapa motivasi dan hikmah yang bisa diambil sebagai I'tibar pada al-Quran surat ad-Dukan ini.
  1. Malam kemuliaan itu adalah suatu malam yang sarat dengan nilai-nilai keberkahan.
  2. Malam kemuliaan itu adalah suatu malam yang terdapat urusan-urusan penuh dengan hikmah. Yang dimaksud dengan urusan-urusan di sini ialah segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk seperti: hidup, mati, rezki, untung baik, untung buruk dan sebagainya.
  3. Malam kemuliaan itu adalah suatu malam yang termasuk perkara besar.

Surat Al Qadr terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat 'Abasa. Surat ini dinamai Al Qadr (kemuliaan), diambil dari perkataan Al Qadr yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Al Quran dimulai diturunkan pada malam Lailatul Qadr, yang nilainya lebih dari seribu bulan; para malaikat dan Jibril turun ke dunia pada malam Lailatul Qadr untuk mengatur segala urusan.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
إنِآَّ أَنزَلْنَاهُ فيِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ {1} وَمَآأَدْرَاكَ مَالَيْلَةُ الْقَدْرِ {2} لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرُُ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ {3} تَنَزَّلُ الْمَلاَئِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ {4} سَلاَمٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ {5}
(1). Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan, (2). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?, (3). Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, (4). Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan, (5). Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Ada beberapa motivasi dan hikmah serta I'tibar yang bisa dipetik pada surat al-Qadar ini :
  1. Bahwa malam kemuliaan itu adalah suatu malam yang diturunkannya al-Quran al-Karim.
  2. Bahwa malam kemuliaan itu adalah suatu malam yang lebih baik dari pada ibadah seribu bulan.
    Ada yang menafsirkan bahwa amal ibadah pada malam itu, lebih baik amal ibadah dari pada amal ibadah 83 tahun 4 bulan, yang dilakukan bukan malam kemuliaan (lailatul qadar).
  3. Bahwa pada malam kemuliaan itu para malaikat turun termasuk Jibril dengn izin Allah untuk mengurusi urusan di alam dunia.
    Keterangan dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan turunya para malaikat itu bersamaan dengan turunnya rahmat, ampunan dan keberkahan malam kemulian (lailatul qadar).
    Keterangan tafsir Imam al-Qurthubi menjelaskan para malaikat turun dari langit dan dari “Sidratul Mutaha” , mereka turun ke alam dunia untuk mendoakan dan mengamini kepada hamba-hamba yang memohon dan berdoa kepada Allah SWT.
  4. Bahwa malam kemuliaan itu akan memberikan keselamatan, kedamaian, keamanan dan tidak adanya keburukan pada malam kemuliaan tersebut.
Demikianlah sedikit ulasan dan kajian tentang motivasi al-Quran tentang malam kemuliaan (lailatul qodar) dalam al-Quran, mudah-mudahan ada manfaatnya wabil khusus bagi penulis dan umumnya bagi pembaca yang budiman. Penulis sadar bahwa tulisan yang singkat ini, pasti banyak kekurangan disana-sini. Oleh karenanya penulis berharap ada masukan dan kritikan yang membangun agar tulisan kedepan lebih baik lagi.
Wa Allahu a'lam bisshawab,

Wassalam,
Amingsa syah, Cirebon, Indonesia 2013

0 komentar:

Posting Komentar