Latest Entries »

Selasa, 29 Mei 2012

MANFAAT DAN PERINTAH SEDEKAH


MANFAAT DAN PERINTAH SEDEKAH


Sedekah dalam arti memberikan kepedulian kepada orang lain merupakan keniscayaan dalam kehidupan saat ini. Justru ujian yang cukup berat adalah manakala terjadi benturan antara kepentingan pribadi dengan kehendak Allah SWT untuk bersedekah. Sedangkan sebuah amal akan bernilai manakala berhadapan resiko dan konsekuensi yang lebih besar. Pahala itu ditentukan oleh tingkat kesukaran dan keberatan yang dirasakan oleh seseorang dalam melaksanakan amal tersebut.

Dalam hadits Rasulullah saw, menegaskan ketika salah seorang sahabat bertanya tentang infak atau sedekah yang lebih bernilai dan mendapat balasan yang lebih besar, Rasulullah bersabda; “Hendaklah enkau bersedekah dalam keadaan engkau merasa berat karena khuwatir menderita kefakiran dan sangat mengharapkan kekayaan.”(HR. Bukhari). Jadi, demikianlah sedekah yang paling bernilai, yakni ketika kita dihadapkan dengan keadaan tidak punya banyak harta, akan tetapi saat itu mengharuskan kita untuk beredekah.

Al-Quran menjelaskan tentang perintah Allah SWT, untuk beredekah, baik bersedekahnya dalam kedaan terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi. Sebagaimana firman Allah SWT ; “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangtan, maka mereka mendapatkan pahala di sisin Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.”(Al-Baqarah: 274)

Di nukil dalam kitab “Intisari Ihya Ulumuddin” Rasulullah SAW, bersabda:

Takutlah terhadap neraka meskipun dengan sepotong kurma, jika kalian tidak memilikinya maka dengan sepatah kata yang baik

Setiapkali hamba membaguskan sedekah, pastilah Allah SWT, akan membaguskan generasi seterusnya di antara keturunannya

Sedekah itu adalah dapat menutup 70 pintu keburukan


Berikut ini keterangan tentang amal sedekah, ada beberapa manfaat sedekah dan sedekah secara imaterial serta ciri-ciri orang-orang ikhlas beramal;

Manfaat sedekah.
  1. Jiwa akan tenang, maksudnya akan dijauhkan dari gelisah, resah, bingung dan bimbang.
  2. Ada perasaan lega dan bahagia karena telah menolong oarng lain.
  3. Akan di tingkatkan derajatnya, di mata Allah SWT.

Sedekah imaterial
  1. Sedekahnya mata adalah memandang denngan penuh pertimbangan dan memalingkan pengelihatan dari nafsu dan hal-hal yang negatif.
  2. Sedekahnya telinga adalah mendengarkan suara-suara yang baik, seperti ucapan-ucapan yang bijak, membaca ayat-ayat Al-Quran, menghindari dusta dan perkataan-perkataan sejenisnya.
  3. Sedekahnya lidah adalah memberikan nasehat yang baik, membangunkan mereka yang lalai menjadi orang yang menjaga perkataannya.
  4. Sedekahnya tangan menginfakkan harta pada orang lain, bermurah hati dengan karunia Allah SWT, yang telah diberikan, menahan tangan dari perbuatan dosa, menggunakan jari tangan untuk menulis pengetahuan yang berguna untuk dirinya dan orang lain.

Ciri orang-orang yang ikhlas beramal.
  1. Tampak dari kepribadiannya cenderung rendah hati.
  2. Tampak dari kesehariannya, cenderung bahagia tidak menampakkan kemewahan.
  3. Tidak sombong dan selalu dekat dengan orang lain.
  4. Dalam beramal tidak ingin diketahui oleh orang lain, cukup antara dirinya dengan Sang Pencipta.

Al-Hamdulillah wa syuru lillah, penulis telah menyelesaikan sedikit pembahasan tentang masalah sedekah, mudah-mudahan bermanfaat bagi penulis dan bisa mengaflikasikan, mengamalkan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW dengan keikhlasan yang lebih mendalam. Dan umunnya bagi pembaca yang budiman mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya, aamiiin...!


Wasslam,
amin_azra cirebon 2012

0 komentar:

Posting Komentar